Rabu, 21 Oktober 2009

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Multimedia Pembelajaran

v


Pada saat artikel ini ditulis, Lomba Multimedia Pembelajaran 2009 sedang berlangsung. Ajang uji prestasi di kalangan guru maupun berkolaborasi dengan stock holder sekolah ini mungkin juga akan terus diadakan, baik oleh instansi yang sama maupun oleh lembaga-lembaga lain, di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Hal ini tentu saja berdampak kepada peningkatan orientasi guru untuk lebih mengoptimalkan kemampuannya dalam menerapkan teknologi dalam pembelajaran, sesuai dengan tuntutan kekinian, agar proses pembelajaran lebih mudah dicerna dan menyenangkan.

Fenomena yang sering terjadi adalah, pada saat sosialisasi lomba disebar, banyak di kalangan sekolahan yang bergairah untuk mengikutinya. Namun pada pertengahan penggarapan karya, semangat seolah kendor dan bahkan nyaris ‘kalah sebelum sampai ke medan perang’. Buntutnya adalah ‘tidak jadi mengirimkan karya’.

Berikut sedikit tips dan trik dalam mengikuti Lomba Multimedia Pembelajaran.

1. Jangan lupa selalu berdoa dan berikhtiar, bergantung hanya kepada Yang Maha Kuasa, karena berkat Rahmad dan Hidayah-Nya-lah segala pintu-pintu langit kreatifitas, letupan ide-ide cemerlang berupa ilham dapat disimpul dan diwujudkan menjadi kasat mata.

2. Tuluskan niat bahwa multimedia yang akan dibuat bukan hanya bertujuan untuk sekedar memenangkan lomba, namun lebih jauh dari itu, semoga multimedia pembelajaran tersebut bermanfaat dalam hal kemaslahatan, penyebaran kebaikan dan kebajikan di atas permukaan bumi ini.

3. Percaya diri dan terus optimis sampai hasil karya dikirimkan.

4. Pilih dan tentukan dengan cepat dan cermat sebuah materi pembelajaran seperti yang terdapat dalam silabus yang dirasa memang benar-benar perlu dimultimediakan.

5. Rancang sediteil dan se-terstruktur mungkin Rencana Program Pembelajaran serta Skenario Pembelajaran karena media pembelajaran ada setelah RPP dilahirkan. Materi harus cukup, cakup dan dalam.

6. Kumpulkan seluruh reverensi yang berhubungan dengan materi pembelajaran, baik yang bersumber dari media cetak, video atau foto yang telah ada maupun buatan sendiri, dan manfaatkan media internet untuk melengkapi koleksi yang terkait. Jangan lupa mencantumkan sumber bahan cuplikan karena ini menyangkut etika dalam berkarya.

7. Temukan ide-ide inovatif dari reverensi multimedia yang pernah dibuat oleh para professional. Ide inovatif bukan berarti mencontoh habis-habisan, melainkan mengembangkannya menjadi bentuk-bentuk yang baru dan segar.

8. Kenali user dalam hal psikologis, selera dan trend.

9. Hindari sebisa mungkin memakai temple yang disediakan pengembang software. Usahakan membuat dan mengkreasikan sendiri seluruh icon, tombol, banner, animasi, simulasi, ilustrasi dan segala atribut yang muncul di jendela multimedia agar terlihat unik, namun tidak keluar dari jalur semestinya. Sebagai contoh, tombol exit/keluar sewajarnya diletakkan di sebelah kanan (atas/bawah), akan terlihat aneh jika diletakkan di bahagian kiri.

10. Gali sebanyak mungkin informasi tentang software aplikasi yang berhubungan dengan multimedia, lalu tetapkan yang paling cocok untuk mengeksekusi karya tersebut. Jangan pernah minder karena tidak memiliki software versi terbaru, karena pada prinsipnya software sejenis memiliki kemampuan dasar yang sama. Hal ini juga menghindari try and error agar deadline dalam pengiriman karya dapat terpenuhi.

11. Ciptakan anigma serta nilai-nilai persuasive (merayu) pada pembukaan multimedia. Kesan pertama sangat menentukan.

12. Kalaupun perlu tulisan dalam penjabaran materi, usahakan seminimal mungkin agar tidak terkesan e-book (buku elektronik).

13. Jangan lupa mengujicobakan hasil karya pada komputer-komputer lain yang ada di sekitar Anda. Bisa jadi pada saat diputar di tempat lain terjadi error, atau bahkan tidak jalan sama sekali.

14. Penuhi seluruh kriteria lomba sesuai dengan ketentuan dan aturan.

15. Paketkan media tersebut dengan cara yang aman agar tidak rusak dalam perjalanan.

16. Pastikan alamat yang ditulis di sampul pengiriman terlihat jelas, selengkap dan seperti yang dibuat panitia lomba untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini.

17. Serahkan seluruh usaha yang telah Anda lakukan secara maksimal kepada Yang Maha Kuasa.

Selamat berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar